Sisters on the Road : Kebenaran yang Tersembunyi

27 Mei

Yeyeyey… Lampu Merah udah, Bus Kota Jalur 7 udah, Surat Berdarah juga udah… berarti sekarang tugas yang keempat dong!! sisa 2 tugas lagi yang belum diposting dan masih setia menunggu giliran dipojokkan kamar kos. hehehe^^

*poster film Sister on the Road*

Sisters on the road. Nah ini dia, film yang aku resensi. Eits… jangan salah tangkap dulu ya, maksudku di sini adalah aku akan meresensi resensi film Sisters on the Road. Jadi bukan tentang sinopsis filmnya melainkan tentang resensi dari film tersebut yang sempat diresensi sama salah satu tabloid Asia di Indonesia *aduh.. beribet nih nulisnya, tapi para readers ngertikan maksudku?? pasti ngerti dong…^^*

OK… langsung cekidot ajah ya….^^

Sisters on the Road : Kebenaran yang Tersembunyi

Foto artikel tentang resensi film Sisters on the Road di tabloid Asianplus edisi 346 *sorry kalo gambarnya kurang begitu jelas, coz aku foto pake kamera hp dan 3x foto hasilnya ngeblur semua…hehe >__<*

Dikutip dari Asianplus edisi 346 tanpa perubahan sedikitpun.

“Ditulis dan disutradarai oleh sutradara wanita Boo Ji Young, Sisters on the Road merupakan drama sensitif mengenai perjalanan dua kakak-beradik yang mencari ayah mereka, sertamenemukan diri mereka sendiri dalam prosesnya. Sebagai karya debut Boo yang premier di 2008 Pusan International Film Festival, film ini menunjukkan keseimbangan antara genre road movie dan family drama, menciptakan sebuah film yang tenang dan memikat hati. Aktris populer Shin Min Ah (The Naked Kitchen) dan Kong Hyo Jin (Crush and Blush) tampil sebagai kedua kakak-beradik dengan kepribadian berbeda yang berada dalam perjalanan yang sama dalam penemuan jati diri.

Pebisnis muda Myung Eun (Shin Min Ah) kembali ke kampung halamannya di Jeju setelah ibunya meninggal tiba-tiba. Dipemakaman dia kembali bertemu dengan kerabat yang sudah lama putus hubungan dengannya, termasuk adik tirinya yang berprofesi sebagai nelayan, Myung Ju (Kong Hyo Jin), yang kini telah menjadi ibu tunggal. Reuni itu membangkitkan ingatan buruk Myung Ju sebagai anak haram. Myung Ju memutuskan untuk menemukan ayahnya yang tak pernah dia kenal bersama Myung Eun. A+

Seperti yang ditulis dari resensi film di atas oleh majalah Asian Plus edisi 346, ‘Sisters on the Road’ (지금 이대로가 좋아요) adalah sebuah film dari Korea yang ceritanya ditulis dan disutradarai oleh sutradara Boo Ji Yeong (부지영). Film ini merupakan karya debut pertamanya dalam dunia perfilman Korea. Sedangkan produser film ini sendiri adalah Park Soon Hong.

‘Sisters on the Road’ premier pertama kali di bulan Oktober 2008 dalam Pusan International Film Festival (PIFF). Lalu baru pada tanggal 23 April 2009, film ini resmi dirilis di pasaran. Film menggunakan bahasa Korea dan hanya berdurasi sekitar 96 menit – durasi yang cukup singkat untuk sebuah film, mengingat rata-rata sebuah film berdurasi sekitar 120 menitan.

Film yang dibintangi oleh Shin Min-a dan Gong Hyo-jin ini merupakan sebuah film yang memiliki inti cerita yang simpel, tentang mencari keberadaan seorang ayah. Film ini juga mempunyai alur maju-mundur yang terkadang diikuti dengan kisah-kisah flashback tentang kehidupan kedua pemeran utama. Kisah yang tenang dan sedikit lambat memberikan kesan memikat hati sekaligus rasa penasaran tentang kisah selanjutnya, seperti yang tertulis pada resensi film di atas. Selain itu film ini juga memiliki kejutan di akhir cerita yang mampu mengecoh penontonnya. Akhir cerita yang tidak akan dibayangkan oleh penonton.

Sedangkan untuk tulisan resensi film ‘Sisters on the Road’ dari majalah Asian plus edisi 346 di atas dinilai cukup. Pada resensi tersebut, penulis resensi memberikan informasi yang lengkap tentang siapa pemainnya, film tersebut berbahasa apa, siapa sutradaranya, genre film, kapan film tersebut premier, hingga sinopsis cerita.

Namun sayangnya, terjadi kesalahan tulis cerita dalam resensi film ‘Sisters on the Road’ yang ada pada majalah Asian plus edisi 346 tersebut. Kesalahan tersebut memang bisa dibilang cukup sederhana, tetapi akibat yang ditimbulkan bisa membuat para pembaca resensi film tersebut menjadi kebingungan. Kesalahan tersebut terjadi pada paragraf ketiga yang dimana isi dari paragraf ketiga adalah sinopsis cerita film tersebut. Kesalahan terletak pada penulisan pekerjaan Myeong Eun. Disebutkan pada resensi tersebut bahwa pekerjaan Myeong Eun adalah seorang pembisnis muda, namun padahal dia adalah seorang karyawan kantor biasa. Kesalahan tulis lainnya adalah tentang status hubungan saudara antara Myeong Eun dan Myeong Ju. Pada kalimat kedua paragraf ketiga dituliskan bahwa Myeong Ju adalah adik tiri Myeong Eun. Faktanya malah sebaliknya, Myeong Eun justru adik tiri Myeong Ju. Lalu kesalahan tulis ketiga adalah yang menjadi anak haram bukanlah Myeong Ju melainkan Myeong Eun. Kesalahan terakhir ada pada kalimat terakhir paragraf tiga yaitu yang memutuskan untuk mencari sang Ayah bukanlah Myeong Ju, melainkan Myeong Eun.

Kesalahan-kesalahan tersebut telah membuat nilai dari resensi film yang ditulis oleh majalah Asian plus berkurang. Andaikan tidak ada kesalahan pada penulisan sinopsis cerita mungkin resensi film tersebut bisa menjadi resensi film yang memiliki nilai baik. Diharapkan kedepannya mungkin tidak ada kesalahan penulisan resensi film lagi pada majalah tersebut.

by Sri M. / 14316

source&credit :

picture >>> http://asianmediawiki.com/

artikel >>> asianplus edisi 346

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: