[#KoreanDramaReview] School 2015 : Who Are You

12 Jun

unnamed-54

Tebak, mana yang Go Eun Byul dan mana yang Lee Eun Bi? Satu aktris, beda karakter.

Minggu depan, sisa 2 episode, sebentar lagi drama “School 2015: Who Are You” akan selesai tayang. Sejak menonton “School 2015: Who Are You” mulai episode 1 sampai 14, tekanan konflik drama ini terasa ada yang hilang. Kurang greget. Padahal saat pertama kali mendengar rencana produksi drama ini pada awal tahun, saya sudah memasukkannya ke dalam list drama yang patut diantisipasi. Terlebih ketika melihat skuad pemeran utama drama ini dan track record drama “School Series” sebelumnya yang menuai kesuksesan. Namun sayang, hingga menyisakan 2 episode terakhir, drama ini ternyata belum berhasil memberikan sajian konflik yang memanas dan klimaks bagi penonton, khususnya saya.

Seperti drama “School Series” sebelumnya, tema yang diambil drama yang bersetting sekolah ini pun adalah tentang kasus-kasus yang terjadi di sekolah dan kehidupan siswanya. Tetapi, entah kenapa tema besar yang ditawarkan dalam drama “School 2015: Who Are You” kali ini kurang mendapat tempat lebih dari Kim Hyun Jung (KHJ-nim) dan Kim Min Jung (KMJ-nim) sebagai penulis skenario. Seolah ingin menghadirkan konflik-konflik keren di setiap episode seperti hubungan guru dengan murid, hubungan antar teman sekelas, hubungan antara orang tua dengan anak, hubungan antara sekolah dengan siswa dan walinya, sisi gelap sekolah dan kepala yayasan, membuat penulis skenario kehilangan formula utama drama “School Series”.

Selain itu, merujuk kepada 14 episode yang sudah tayang, menurut saya masih ada karakter-karakter yang sampai sekarang belum matang dan statis. Terlihat sangat stagnan. Padahal beberapa di antara karakter-karakter yang tidak mampu berkembang itu terdapat karakter penting yang memiliki andil besar dalam keeksistensian karakter utama. Menurut saya, sih, seperti itu. Ah … atau mungkin KHJ-nim dan KMJ-nim memang sengaja menampilkan karakter-karakter drama yang relatif tetap secara sikap dan watak. Entahlah.

Misalnya saja nih, karakter Han Yi Han, teman sejak kecil dan teman sekelas dari karakter Go Eun Byul sekaligus atlet renang perwakilan sekolah. Mengikuti konflik yang sedang memanas antara Go Eun Byul (Lee Eun Bi) dengan Kang So Young, saya kira karakter Han Yi Han akan berubah dari yang tadinya melindungi Go Eun Byul (Lee Eun Bi) berbalik menjadi tidak peduli sama sekali dengan permasalahan Go Eun Byul (Lee Eun Bi) setelah tahu fakta yang sebenarnya. Mungkin saya yang jahat, hahaha. Atau contoh lain, karakter Gong Tae Kwang. Sebagai karakter yang berasal dari keluarga broken home dan tidak diakui oleh ayahnya yang juga merupakan kepala yayasan sekolah, saya kira karakter Gong Tae Kwang akan jauh lebih kompleks. Dia akan menjadi karakter yang nakal, memberontak, si pembuat onar, dan sangat bebas dibandingkan dengan yang diceritakan dalam drama sekarang. Saya membayangkan dia bisa lebih memberontak lagi kepada sekolah dan ayahnya, yaaah … meski kenyataannya KHJ-nim dan KMJ-nim justru sejak awal membangun karakter Gong Tae Kwang sebagai sosok laki-laki remaja yang ingin keberadaannya diakui oleh orang tuanya.

Kemudian setali tiga uang dengan kestatisan karakter, alur cerita dalam drama ini pun bisa dibilang lambat hingga akhirnya membuat konflik terkesan datar dan anti klimaks. Sejujurnya ketika mengetahui drama ini akan mengangkat cerita tentang saudara kembar yang bertukar kehidupan, saya secara pribadi sangat menantikannya. Saya penasaran seperti apa KHJ-nim dan KMJ-nim akan menuliskan kisah saudara kembar dan bagaimana dengan kehidupan mereka. Namun, seiring dengan masa tayang drama ini yang hampir mendekati akhir, saya justru merasa kecewa sebagai penonton. Jika boleh dibandingkan dengan drama “School Series” sebelumnya, yaitu “School 2013”, secara alur, karakter, konflik, dan cerita jauh lebih menarik. Selain karena drama “School 2013” memiliki jajaran pemain utama yang ganteng, lho. Hahaha.

Sementara untuk kisah cinta dalam drama ini … saya pun tidak berharap lebih dan berekspektasi terlalu tinggi. Kisah cinta khas remaja sekolah. Keeksistensian cinta yang labil, begitu saya menyebutnya. Itu karena kisah cinta drama ini juga berkembang sangat lambat, antara ada dan tiada. Mungkin itu yang menjadi salah satu faktor pendukung matinya konflik cerita. Kisah cinta tokoh Lee Eun Bi, Go Eun Byul, Han Yi Han, dan Gong Tae Kwang kepada satu sama lain yang tidak jelas membuat saya sebagai penonton menjadi semakin gemas. Haaah … mungkinkah karena beberapa bulan belakangan ini saya terlalu banyak menonton drama dengan kisah percintaan yang rumit, jadi saat menonton drama dengan kisah cinta yang datar nan simple saya justru menjadi pusing dan gemas sendiri? *bertanya dalam hati*

Namun, ada satu konflik dalam drama ini yang mengikat saya untuk tetap bertahan menyelesaikannya. Konflik antara tokoh Lee Eun Bi / Go Eun Byul dengan Kang So Young. Tema tentang kasus ‘si pem-bully yang mendadak di-bully di sekolah barunya’ sukses membuat saya rela berjam-jam menunggu hasil download-an drama ini selesai. Efek menarik untuk terus dilihat saat Kang So Young mulai mengusik kehidupan Lee Eun Bi / Go Eun Byul, tapi justru semakin di-bully balik. Kasihan Kang So Young.

Yaaah … semoga saja sisa 2 episode nanti bisa membawa akhir yang bahagia. Saya sudah tidak lagi berharap akan mendapatkan kejutan lain yang menuju klimaks cerita dalam drama ini. Hahaha. Saya hanya menantikan bagaimana KHJ-nim dan KMJ-nim, sebagai penulis skenario, akan mengakhiri konflik antara Kang So Young dengan Lee Eun Bi / Go Eun Byul.

Anyway, spesial efek untuk memunculkan Kim So Hyun yang memerankan Go Eun Byul dan Lee Eun Bi ke dalam satu screen secara bersamaan pada episode 13 dan 14 sukses membuat saya berdecak kagum. Computer Graphis (CG) yang biasanya selalu digunakan dalam setiap drama Korea untuk memanipulasi apapun memang selalu keren dan rapi. Good job!

-Olipayoe-

#koreandrama

Tinggalkan Balasan

